KUALITAS LAYANAN SIRKULASI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

NURJANIATI, SOLIHA (2022) KUALITAS LAYANAN SIRKULASI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.docx.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat menyediakan berbagai jenis layanan perpustakaan untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi masyarakat. Salah satu layanan yang di sediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah layanan sirkulasi. Dimana layanan sirkulasi merupakan indikator utama keberhasilan dari sebuah perpustakaan. layanan sirkulasi merupakan denyut dari semua layanan perpustakaan, maka dari itu kualitas layanan sirkulasi harus mampu memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Untuk itu penulis melakukan penelitian mengenai Kualitas layanan sirkulasi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan sirkulasi berdasarkan sistem layanan yang di terapkan. 2) untuk mengetahui kualitas layanan sirkulasi berdasarkan koleksi bahan Pustaka yang tersedia. 3) untuk mengetahui kualitas layanan sirkulasi berdasarkan fasilitas yang di sediakan. Hasil penelitian ini menunjukan sistem layanan sirkulasi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat cukup baik karena menerapkan sistem layanan sirkulasi terbuka dan telah merapkan sistem layanan OPAC berbasis Inislite dimana pemustaka mencari bahan Pustaka secara mandiri, yang menjadi tolak ukur keberhasilan sistem layanan sirkulasi di tentukan oleh Sumber Daya Manusia (Pustakawan). Pustakawan mampu memberikan kebutuhan informasi pemustaka dan mampu menjawab setiap pertanyaan pemustaka dengan baik, dengan ini sistem layanan pada layanan sirkulasi sudah cukup berkualitas. Ketersediaan koleksi bahan Pustaka pada layanan sirkulasi masih belum maksimal di karenakan koleksi bahan Pustaka masih kurang dan belum di perbarui. Ini memunjukkan koleksi bahan Pustaka pada layanan sirkulasi belum berkualitas. Ketersediaan fasiltas sebagai sarana pendukung pada layanan sirkulasi cukup baik, menunjukkan ketersediaan fasilitas pada layanan sirkulasi sudah berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMIN, SALEHnidn0831128310
Thesis advisorWIDIASTUTI, FURBANInidn0819057902
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Layanan Sirkulasi
Subjects: 000 Karya Umum > 022 Administrasi dan Fisik Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 Perpustakaan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurjaniati Soliha
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:52
Last Modified: 06 Oct 2022 06:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5929

Actions (login required)

View Item View Item