PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

ARIFUDIN, ARIFUDIN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
Skripsi ARIFUDIN (1).docx (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran tematik berbasis video animasi pada tema 2 subtema 1 kelas IV sekolah dasar pada SDN Satampa Lawa serta untuk mengetahui tingkat keefektifan terhadap minat belajar siswa dalam menggunakan media video animasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengadopsi model dari Borg and Gall yang memiliki 10 tahap penelitian, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 9 tahap saja yaitu hanya pada tahap revisi produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa berhasil dikembangkan yang berdasarkan dari nilai rata�rata validasi ahli media 94,4% dalam kategori “sangat valid” untuk nilai rata�rata validasi matari memperoleh 92,1% dan 84,3% juga masuk dalam kategori “sangat valid”, untuk uji coba terbatas meperoleh nilai rata-rata 81,8% masuk dalam kategori “sangat praktis” sedangkan untuk hasil uji lapangan nilai rata-rata pretest 41,7% dan posttes 87,35% hal ini menunjukan bahwa minat belajar siswa menigkat setelah menggunakan media pembelajaran video animasi, kemudian untuk n-gain score memperoleh nilai 0,79% yang masuk dalam kriterian tinggi atau dengan kategori “sangat efektif” dan untuk lembat keterlaksanaan pembelajaran medapat nilai 81,25% dengan kriteria sangat terlaksana sehingga media pembelajaran video animasi yang di kembangkan masuk dalam kategori efektif

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIFATURRAHMAN, HAIFATURRAHMANnidn0804048501
Thesis advisorFUJIATURRAHMAN, SUKRONnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Video Animasi, Minat Belajar
Subjects: 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ARIFUDIN ARIFUDIN
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:28
Last Modified: 15 Sep 2022 08:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5875

Actions (login required)

View Item View Item