PERAN NTB MALL DALAM PENINGKATAN PANGSA PASAR PRODUK ANDALAN DAERAH DI KOTA MATARAM

AHMAD, FADLI (2022) PERAN NTB MALL DALAM PENINGKATAN PANGSA PASAR PRODUK ANDALAN DAERAH DI KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
AHMAD FADLI 2.docx-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini mungkin masih ada sebagian warga Nusa Tenggara Barat (NTB) yang belum mengetahui apa itu NTB Mall. NTB Mall merupakan marketplace official yang di kembangkan oleh pemerintah provinsi NTB, melalui dinas perdagangan provinsi NTB, dulunya bernama I-Shop NTB. Sejak penandatanganan MoU pemerintah profinsi NTB dengan International Council for Small Business (ICSB) NTB pada perayaan HUT RI ke-75 tanggal 17 Agustus 2020, I-Shop NTB berubah nama menjadi NTB Mall dan di kelola oleh International Council for Small Business (ICSB) NTB untuk lebih dikembangkan bagi UMKM/IKM NTB baik secara online maupun offline. (Ntbprov. 26 September 2020).Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Penelitian kualitatif dalam Sugiyono (2015) dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandasan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci teknik pengumpulan data dilakukan secara triagulasi (gabungan) analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.NTB Mall diharapkan mampu membantu dan memudahkan UMKM/IKM dalam penjual produk Andalan Daerah mereka. Seiring dengan penyempurnaan NTB Mall nantinya pegiat UMKM/IKM lokal akan di ajarkan bagaimana mengelola aplikasi digital marketing. NTB Mall bisa menjadi batu loncatan produk UMKM/IKM NTB dalam melebarkan sayapnya. Karena target pasarnya tidak hanya warga NTB, melainkan juga di Asia Tenggara. Dilakukan dengan sistem cash on delivery (COD) ekspor. Dengan itu UMKM/IKM tak perlu takut penipuan pembeli. NTB Mall juga membuka lapangan pekerjaan dimana bisa menjadi reseller untuk memasarkan produk Andalan Daerah NTB. NTB Mall juga bekerja sama dengan berbagai jasa kurir untuk memudahkan pengantaran pemesananPerdagangan NTB Mall Dalam Peningkatan Pangsa Pasar Produk Andalan Daerah di Kota Mataram mengunakan pendekatan perdagangan Hard selling dan Soft Selling. Pendekatan Hard Selling melakukan perdagangan secara langsung kepada konsumen karena terbilang efektif. Sedangkan pendekatan Soft Selling melakukan perdagangan yang menggunakan tutur bahasa yang cendrung halus agar para konsumen tertarik terhadap produk yang di tawarkan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDEDY, ISWANTOnidn0818087901
Thesis advisorALFIAN, EIKMANnidn0803048303
Uncontrolled Keywords: PERAN NTB MALL DALAM PENINGKATAN PANGSA PASAR PRODUK ANDALAN DAERAH DI KOTA MATARAM
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Fadli
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:55
Last Modified: 15 Sep 2022 03:55
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5737

Actions (login required)

View Item View Item