IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIV TIPE NUMBERED HEADS TOGEDHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTs NEGERI2 BIMA PELAJARAN 2021/2022

Uswatun, Hasanah (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIV TIPE NUMBERED HEADS TOGEDHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTs NEGERI2 BIMA PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
skripsi us plagiasi 2.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang masih rendah dan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat yakni, bagaimana Implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Negeri 2 Bima tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan penelitian dalam penelitian ini adalah Peneliti Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Pada penelitian ini yang menjadi subjek peneliti adalah siswa kelas VIII.A di MTs Negeri 2 Bima tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil analisi dan pembahasan, maka diperoleh bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dengan ketuntasan Klasikal pada siklus 1 yaitu 60 % menjadi 88 % pada siklus 2, hal ini dikarenakan adanya peningkatan hasil belajar siswa, serta kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, karena menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memiliki kelebihan yaitu mempengaruhi pola interaksi siswa dengan meningkatkan kerja sama dan diskusi dengan mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan oleh siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Implementasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Bima tahun pelajaran 2021/2022. Dapat disarankan bagi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT sehingga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertukar pikiran untuk mempertimbangan jawaban yang paling benar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorROSADA, ROSADAnidn0821028401
Thesis advisorDIAN, EKA MAYASARInidn0830098802
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe NHT, Pelajaran IPS
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > 901 Filsafat dan Teori Sejarah
200 Agama > 275 Sejarah Gereja di Asia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:12
Last Modified: 20 Feb 2023 02:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item View Item