HABSAH, HABSAH (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSKESMAS PEMBANTU (PUSTU) DESA KOMODO KECAMATAN KOMODO KABUPATEN MANGGARAI BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR TAHUN 2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (758kB) |
|
Text (Similarity Check)
HABSAH - 33%.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengambil objek di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Komodo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tujuan penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Publik Pada Pustu Desa Komodo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat dan kedua untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam Efektivitas Pelayanan Publik Pada Pustu Desa Komodo Kecamatam Komodo Kabupaten Manggarai Barat. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Data sumber berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik analisa data mengunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Komodo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat dapat disimpulkan bahwa pelayanan Publik telah berjalan dengan efektif karena telah memenuhi 3 indikator efektivitas dan 5 indikator pelayanan publik. Indikator dari efektivitas antara lain: 1) Pencapaian Tujuan, yaitu Pustu Desa Komodo telah menjalankan visi dan misi yang telah di buat, 2) Integritas, yaitu petugas kesehatan di Pustu Desa Komodo telah menjalankan serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, 3) Adaptasi, yaitu Pustu Desa Komodo dalam melaksanakan kegiatan akan bekerja sama dengan organisasi yang ada di Desa Komodo. Sedangkan Indikator dari Pelayanan Publik diantaranya: 1) Prosedur Pelayanan, yaitu Pustu Desa Komodo telah menerapkan alur prosedur pelayanan agar memudahkan masyarakat dalam proses memberikan dan menerima pelayanan, 2) Biaya Pelayanan yaitu, penerapan biaya pelayanan Pustu Komodo mengikuti kebijakan yang di buat oleh Perda yaitu pasien yang memiliki kartu jaminan sosial tidak akan di tarif biaya begitupun sebaliknya, 3) Waktu Pelayanan, yaitu waktu pelayanan di Pustu Komodo telah di jadwalkan agar memudahkan pasien dan petugas kesehatan dalam proses memberikan dan menerima pelayanan, 4) sarana dan prasarana, yaitu pustu komodo masih dalam keadaan normal dalam memberikan pelayanan walaupun di sisi lain masih ada yang perlu di benahi, 5) Kompetensi Pegawai, yaitu petugas kesehatan Pustu Komodo dalam satu bulan akan ada pelatihan khusus oleh puskesmas kemudian mereka menerapkan kepada pasien dan petugas kesehatan selama ini melayani pasien dengan baik dan berperilaku yang dapat di terima oleh masyarakat. Sedangkan kendala penghambat pelayanan publik di Pustu Desa Komodo adalah faktor anggaran yang belum ada dan faktor komunikasi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pelayanan Publik, Puskesmas Pembantu (Pustu) | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Users 1684 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:50 | |||||||||
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:50 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5444 |
Actions (login required)
View Item |