ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN MEMBACA DI KELAS IV MI NURUL QUR’AN PAGUTAN TAHUN 2021/2022

MIPTAHIYAH, MIPTAHIYAH (2022) ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN MEMBACA DI KELAS IV MI NURUL QUR’AN PAGUTAN TAHUN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
SKRIPSI CEK PLAGIASI MIPTAHIYAH5.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, dengan adanya pendidikan seseorang dapat mengembangkan potensi diri yang dimilikinya. Pelajaran adalah proses memanusiakan manusia kearah yang lebih baik. Pembelajaran di sekolah nampaknya belum berhasil mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa. Untuk itu guru perlu untuk senantiasa memperhatikan perkembangan siswa-siswinya. Dalam penulisan skripsi ini penulis meneliti dan membahas masalah faktor-faktor keterlambatan membaca kelas IV MI Nurul Qur’an Pagutan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya siswa kelas IV yang masih terlambat membaca, padahal seharusnya siswa kelas IV sudah dituntut untuk lancar membaca karena untuk mempersiapkan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor keterlambatan membaca kelas IV di MI Nurul Qur’an Pagutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan atau subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Qur’an Pagutan yang berjumlah 7 anak dengan kategori terlambat membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor keterlambatan membaca siswa kelas IV di MI Nurul Qur’an Pagutan, adalah kurang perhatian dari keluarga (orang tua), siswa malas atau kurang motivasi diri sendiri, kurang minat membaca, dan pengaruh lingkungan. Dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi keterlambatan membaca siswa adalah Mengadakan pertemuan antar guru dan orang tua tentang pentingnya literasi, memberikan motivasi/nasihat, menyediakan buku bacaaan dan Guru dan orang tua berkerja sama untuk membimbing anak belajar membaca. Jadi terdapat beberapa faktor keterlambatan membaca siswa yaitu faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMARDIYAH, HAYATInidn0802096701
Thesis advisorSAPRUN, SAPRUNnidn0815038402
Uncontrolled Keywords: Faktor Keterlambatan Membaca Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Miptahiyah Miptahiyah
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:18
Last Modified: 03 Sep 2022 03:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item