MIPTAHIYAH, MIPTAHIYAH (2022) ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN MEMBACA DI KELAS IV MI NURUL QUR’AN PAGUTAN TAHUN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (SIMILARITY CHECK)
SKRIPSI CEK PLAGIASI MIPTAHIYAH5.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, dengan adanya pendidikan seseorang dapat mengembangkan potensi diri yang dimilikinya. Pelajaran adalah proses memanusiakan manusia kearah yang lebih baik. Pembelajaran di sekolah nampaknya belum berhasil mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa. Untuk itu guru perlu untuk senantiasa memperhatikan perkembangan siswa-siswinya. Dalam penulisan skripsi ini penulis meneliti dan membahas masalah faktor-faktor keterlambatan membaca kelas IV MI Nurul Qur’an Pagutan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya siswa kelas IV yang masih terlambat membaca, padahal seharusnya siswa kelas IV sudah dituntut untuk lancar membaca karena untuk mempersiapkan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor keterlambatan membaca kelas IV di MI Nurul Qur’an Pagutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan atau subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Qur’an Pagutan yang berjumlah 7 anak dengan kategori terlambat membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor keterlambatan membaca siswa kelas IV di MI Nurul Qur’an Pagutan, adalah kurang perhatian dari keluarga (orang tua), siswa malas atau kurang motivasi diri sendiri, kurang minat membaca, dan pengaruh lingkungan. Dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi keterlambatan membaca siswa adalah Mengadakan pertemuan antar guru dan orang tua tentang pentingnya literasi, memberikan motivasi/nasihat, menyediakan buku bacaaan dan Guru dan orang tua berkerja sama untuk membimbing anak belajar membaca. Jadi terdapat beberapa faktor keterlambatan membaca siswa yaitu faktor internal dan eksternal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Faktor Keterlambatan Membaca Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Miptahiyah Miptahiyah | |||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2022 03:18 | |||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2022 03:18 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5341 |
Actions (login required)
View Item |