EVALUASI PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR CAMAT KECAMATAN PLAMPANG KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2021

WAWAN SATRIA ANDI, PUTRA (2022) EVALUASI PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR CAMAT KECAMATAN PLAMPANG KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILAIRTY CHECK)
WAWAN SATRIA ANDI PUTRA 2.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengimplementasian Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik menjelaskan bahwah membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik merpakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh pemerintah seiring dengan harapan dan tuntutan warga negara dan penduduk tentang peningkatan kualitas pelayanan publik. Terselenggaranya Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam rangka meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan adalah salah satu jawaban yang diberikan oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program PATEN di Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa tahun 2021 dan menganalisis faktor-faktor pendukung pelaksanaan PATEN di Kecamatan Plampang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Pelaksanaan PATEN di Kecamatan Plampang sudah dapat dikategorikan baik berdasarkan indikator Evaluasi Program sebagai berikut: (a) Efektifitas, yaitu penyampaian informasi terkait pelaksanaan PATEN sangat jelas melalui Sosialisasi, (b) Kesamaan, yaitu tim pelaksana PATEN telah memberikan layanan sesuai prosedur tanpa membedakan status sosial, (c) Responsivitas, ditandai dengan tersedianya fasilitas pendukung PATEN untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, (d) Ketepatan, dengan terlaksananya program PATEN dapat membantu masyarakat, baik dari segi waktu dan biaya. (2) Faktor-faktor pendukung pelaksanaan PATEN terdapat tiga poin yaitu Pertama, menyusun dan menetapkan standar pelayanan. Kedua, menempatkan pelaksana berdasarkan latar belakang pendidikan. Ketiga, sarana dan parasarana.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMIL, AMILnidn0831126204
Thesis advisorRAHMAD, HIDAYATnidn0822048901
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pelayanan, Terpadu
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 321 Sistem Pemerintahan & Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Wawan Satria Andi Putra
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:47
Last Modified: 13 Sep 2022 06:47
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5286

Actions (login required)

View Item View Item