PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGANTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V DI SDN 2 TAMAN SARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

JODY, AFRIANSYAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGANTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V DI SDN 2 TAMAN SARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
JODY AFRIANSYAH.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Eksperimental Research (Penelitian Eksperimen Semu) dengan menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SDN 2 Taman Sari dengan jumlah siswa sebanyak 54 siswa. Teknik pengambilan sampel ini dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol, dengan jumlah 25 siswa. Hasil nilai rata-rata yang di tunjukan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 64,48 dan setelah dilakukan post-test meningkat menjadi 88,24 untuk kelas kontol sendiri di peroleh nilai rata-rata daripre-test sebesar 57,96 dan post-test mengalami peningkatan menjadi 66,48. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tesmotivasi belajar siswa menggunakan pengamatan berupa pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 25 for windows. Pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilaisig. 0,36 > 0,05 maka Ho di tolak dengan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran inquiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap motivasi belajar siswa pada tema 8 subtema 1 siswakelas V SDN 2 Taman Sari

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, InquiriTerbimbing, MotivasiSiswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Jodi Afriansyah
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:36
Last Modified: 25 Aug 2022 07:36
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5270

Actions (login required)

View Item View Item