PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI MA AL-RAISIYAH SEKARBELA TAHUN AJARAN 2021/2022

SITI, SAMSIAH (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI MA AL-RAISIYAH SEKARBELA TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_SITI SAMSIAH_NIM 118130003_PPKn_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_SITI SAMSIAH_NIM 118130003_PPKn_PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN_SITI SAMSIAH_NIM 118130003_PPKn_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
SITI SAMSIAH PLAGIASI BARU.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 2. Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran PBL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di MA AL-Raisiyah Sekarbela. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), dan tes. Teknik analisis data dilakukan adalah uji validitas, reabilitas tingkat kesukara soal, daya pembeda soal dan uji kesamaan dua rata-rata data / uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn di kelas XI MA Al-Raisiyah Sekarbela dapat meningkatkaan Kemampuan berpikir kritis siswa, 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran PBL, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimana thitung > ttabel maka Ho ditolak Ha diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran PKn kelas XI MA Al-Raisiyah Sekarbela Tahun Pelajaran 2021/2022. Data ini didukung dengan perbandingan nilai rata-rata hasil test yaitu 83,25> 75,25.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Type designerSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorSADDAM, SADDAMnidn0826079103
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Siti Samsiah
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:53
Last Modified: 22 Aug 2022 01:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item