SITI, SAMSIAH (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI MA AL-RAISIYAH SEKARBELA TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_SITI SAMSIAH_NIM 118130003_PPKn_PERPUSTAKAAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV_SITI SAMSIAH_NIM 118130003_PPKn_PERPUSTAKAAN.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN_SITI SAMSIAH_NIM 118130003_PPKn_PERPUSTAKAAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (SIMILARITY CHECK)
SITI SAMSIAH PLAGIASI BARU.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 2. Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran PBL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di MA AL-Raisiyah Sekarbela. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), dan tes. Teknik analisis data dilakukan adalah uji validitas, reabilitas tingkat kesukara soal, daya pembeda soal dan uji kesamaan dua rata-rata data / uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn di kelas XI MA Al-Raisiyah Sekarbela dapat meningkatkaan Kemampuan berpikir kritis siswa, 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran PBL, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimana thitung > ttabel maka Ho ditolak Ha diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran PKn kelas XI MA Al-Raisiyah Sekarbela Tahun Pelajaran 2021/2022. Data ini didukung dengan perbandingan nilai rata-rata hasil test yaitu 83,25> 75,25.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis | |||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Siti Samsiah | |||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2022 01:53 | |||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2022 01:53 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5205 |
Actions (login required)
View Item |