PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS 1 SDN 38 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

SARTIKA DEWI, RATNASARI (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS 1 SDN 38 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_SARTIKA DEWI RATNASARI_NIM 118180062_PGSD_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_SARTIKA DEWI RATNASARI_NIM 118180062_PGSD_PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN_SARTIKA DEWI RATNASARI_NIM 118180062_PGSD_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
SARTIKA PLAGIAT.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media buku cerita bergambar dinama sebagai media menunjang pembelajaran memiliki hubungan yang luas antara tulisan, gambar, dan lainnya. Semua hal itu di peruntuk mencapai tujuan dari pembelajaran. Buku cerita bergambar ini diadalamnya terdapat nasari teks secara singkat yang dihubungan dengan gambar berwarna dan kosa kata yang dapaat disampaikan lewat ilustri maupun teks. Penelitian ini termaksud penelitian pengembangan (Development research) media pembelajaran matematika berbasis video animasi yang dari Borg and Gall dengan instrument pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk ahli validasi media materi, bahasa, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media Buku cerita bergambar yang dikembangkan, diperoleh data dari 2 validator ahli media dengan persentase 90,01% kategori sangat valid, 2 validator ahli materi dengan persentase 79,37% pada kategori valid dan 2 validator ahli bahasa dengan persentase 87% pada kategori sangat valid, (2) Hasil angket respon siswa diperoleh data persentase dari respon siswa uji terbatas di kelas I SDN 38 Mataram, dengan persentase 95,2% pada kategori sangat praktis. Dengan demikian buku cerita bergambar yang dikembangkan praktis (3) Keefektifan buku cerita bergambar dilihat dari hasil siswa mengerjakan soal tes dan diperoleh data hasil uji lapangan di kelas I SDN 38 Mataram, dengan persetase rata-rata nilai siswa N Gain 76% pada kategori Efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Media Buku Cerita Bergambar, Kemampuan Membaca Siswa
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SARTIKADEWI RATNASARI
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:50
Last Modified: 29 Aug 2022 06:50
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item