PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 38 MATARAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ansari, Ansari (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 38 MATARAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_ANSARI_NIM 118180064_PGSD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_ANSARI_NIM 118180064_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_ANSARI_NIM 118180064_PGSD.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
43% PENGARUH_PEMBELAJARAN_DARING_TERHADAP_MINAT_BELAJA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran dengan adanya virus Covid-19 ini membuat proses pembelajaran menjadi berubah dari yang tatap muka menjadi Pembelajaran jarak jauh, tetapi dalam keadaan seperti ini guru masih tetap harus melaksanakan kewajibannya sebagai pengajar, dimana guru harus memastikan siswa dapat memperoleh informasi/ilmu pengetahuan untuk diberikan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa di SDN 38 Mataram pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 40 siswa terdiri dari kelas V A 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan V B 20 siswa sebagai kelas kontrol, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang diguunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, dan uji tingkat, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen sample t-test. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa di SDN 38 Mataram pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2021/2022. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai ≥ (4.712≥ 2,024), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNanang, Rahmannidn0824038701
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ANSARI ANSARI
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:03
Last Modified: 18 Mar 2022 06:03
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item