PERAN BUMDES DALAM MEMPERKENALKAN PRODUK MAHADESA BERBASIS DIGITAL KEPADA MASYARAKAT NUSA TENGGARA BARAT (STUDI PADA DESA LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT)

YUDHISTIA, PRAMESTI CAHYANI (2022) PERAN BUMDES DALAM MEMPERKENALKAN PRODUK MAHADESA BERBASIS DIGITAL KEPADA MASYARAKAT NUSA TENGGARA BARAT (STUDI PADA DESA LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Lampiran.pdf

Download (683kB)
[img] Text (similarity check)
42% PERAN_BUMDES_DALAM_MEMPERKENALKAN_PRODUK_MAHADESA_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Mahadesa TDC adalah Pusat Perdagangan dan Distribusi di wilayah desa yang berfungsi sebagai distributor untuk seluruh produk-produk yang dimiliki oleh Mahadesa TDC dari berbagai macam pabrikan di Indonesia. Subjek yang dituju perusahaan ini adalah masyarakat desa yang mengalami perubahan ekonomi, setelah adanya bisnis ritel dan perdagangan ini. PT. Mahadesa dibentuk agar dapat memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai jenis kebutuhan tanpa harus keluar rumah, karena pemesanan dilakukan melalui sistem digital. BUMDes adalah lembaga yang didirikan oleh Desa, dalam hal pembangunan ekonomi masyarakat. Adapun metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lingsar, Kabupaten Lombok Barat dalam memperkenalkan produk mahadesa dapat dikatakan berjalan dengan baik, serta mampu mengajak masyarakat berkontribusi dalam bisnis perdangangan dan perindustrian yang mana kerja sama antara Mahadesa dan BUMDes, dengan adanya produk Mahadesa yang dikenalkan ini sudah mampu membawa masyarakat keritel modern. Melalui BUMDes produk mahadesa ini dapat diperkenalkan dengan digital marketing serta harga, barang repeat order, produk dan kondisi pasar merupakan faktor yang mempengaruhi penjualan dan pembelian.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSITI, ATIKA RAHMInidn0815118302
Thesis advisorNURUL, HIDAYATI INDRA NINGSIHnidn0806039101
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Mahadesa TDC, Digital Marketing
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: YUDHISTIA PRAMESTI CAHYANI
Date Deposited: 17 Mar 2022 09:02
Last Modified: 17 Mar 2022 09:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4975

Actions (login required)

View Item View Item