STRATEGI PROMOSI DINAS PEMUDA OLAHRAGA DAN PARIWISATA (DISPOPAR) SUMBAWA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG EKOWISATA HIU PAUS TELUK SALEH

ANGGUN, LIES JUNI ARSITHA (2022) STRATEGI PROMOSI DINAS PEMUDA OLAHRAGA DAN PARIWISATA (DISPOPAR) SUMBAWA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG EKOWISATA HIU PAUS TELUK SALEH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text (Similarity Check)
48% STRATEGI_PROMOSI_DINAS_PEMUDA_OLAHRAGA_DAN_PARIWIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pemerintah Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa dalam pengembangan promosi pariwisata Hiu paus. Sehingga sangat diperlukan untuk meningkatkan kembali jumlah kunjungan wisatawan serta kualitas strategi promosi terhadap objek wisatanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Sumbawa dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Ekowisata Hiu Paus Teluk Saleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian didapatkan melalui data primer dan data sekunder. Tehnik analisis data pada penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa untuk mengembangkan Ekowisata Hiu Paus Teluk Saleh lebih mendominasi sebagai fasilitator dalam bentuk fisik seperti pembangunan, penciptaan sarana serta prasarana karena pengelolaan wisata ini diberikan kepada pemerintah desa yaitu BUMDes, kelompok cagar wisata (POKDARWIS) dan juga masyarakat setempat. Sebagai bentuk implementator, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa melakukan berbagai bentuk strategi promosi pariwisatanya melalui Advertising, Sales Promotion, Public Relations, Personal Selling, Publisitas, Demonstrasi dan Pameran. Adanya strategi promosi yang dilakukan mampu meningkatkan jumlah kunjungan destinasi wisata hiu paus sejak awal kemunculannya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kunjungan wisata pada tahun 2018-2019 yang mengalami peningkatan signifikan. Namun setelah masa pandemi mengalami penurun karena sulit melakukan promosi wisata.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDARMANSYAH, DARMANSYAHnidn0008075914
Thesis advisorALFIAN, EIKMANnidn0803048303
Uncontrolled Keywords: Strategi, Promosi, Ekowisata
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ANGGUN LIES JUNI ARSITHA
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:47
Last Modified: 15 Mar 2022 07:47
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4762

Actions (login required)

View Item View Item