PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BLOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 1 GONDANG TAHUN AJARAN 202/2022

LIZA, VIVIANA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BLOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 1 GONDANG TAHUN AJARAN 202/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover-Bab III.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
36% PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_PAPAN_BLOK_UNTUK_M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu sarana yang mempunyai fungsi untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada siswa kelas V SDN 1 Gondang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui cara pengembangan media pembelajaran papan blok untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi pecahan untuk siswa kelas V SDN 1 Gondang. (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran papan blok pada materi pecahan untuk siswa kelas V SDN 1 Gondang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model Borg and Gall (Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, pengembangan draft produk awal, uji coba awal lapangan, merevisi hasil uji coba, uji lapangan utama, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji coba lapangan operasional/empiris, penyempurnaan produk, desiminasi dan implemetasi), namun peneliti hanya sampai pada tahap penyempurnaan produk. Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk media pembelajaran yang telah dinyatakan sangat valid dan valid oleh ahli desain media, ahli materi dan praktisi pembelajaran.Hasil dari kevalidan dan kepraktisan persentase yang di dapat dari ahli media dengan persentase 94,03% atau dapat dikategorikan sangat valid sedangkan ahli materi dalam pemerolehan nilai persentasenya adalah 79,9% atau dapat dikategorikan valid.Sedangkan berdasarkan uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil respon siswa SDN 1 Gondang kelas VI mendapatkan nilai persentasi 87,85% dengan kriteria skor sangat praktis dan untuk tingkat keefektikannya dapat dilihat dari hasil tes siswa kelas V dengan hasil 78,2% dengan kriteria efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdillah, Abdillahnidn0824048301
Thesis advisorNursina, Sarinidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Papan Blok, Pemahaman Konsep .
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: LIZA VIVIANA
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:48
Last Modified: 21 Mar 2022 07:48
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item