EFEKTIVITAS LKS BERBASIS INQUIRY TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERMUATAN IPA PADA TEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Nurleni, Nurleni (2022) EFEKTIVITAS LKS BERBASIS INQUIRY TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERMUATAN IPA PADA TEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_NURLENI_NIM 118180100_PGSD.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB IV_NURLENI_NIM 118180100_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_NURLENI_NIM 118180100_PGSD.pdf

Download (848kB)
[img] Text (siilarity check)
34% EFEKTIVITAS_LKS_BERBASIS_INQUIRY_TERBIMBING_TERHAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran bermuatan IPA pada kelas V SD. Sikap ilmiah yang digunakan adalah indikator rasa ingin tahu. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian eksprimen dengan rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah one group yang dimana penelitian ini yaitu menggunakan satu kelas. Prosedur penelitian yang digunakan peneliti yaitu model berbasis inkuiri terbimbing dalam pembelajaran bermuatan IPA yang telah menghasilkan produk berupa bahan ajar LKS yang memenuhi kategori sangat layak dan sangat baik berdasarkan penilaian yang diberikan oleh ahli materi, guru serta angket sikap ilmiah, pada uji kevalidan, uji praktek pengamatan LKS dan serta observasi pada siswa. Pada sikap ilmiah siswa memperoleh nilai dengan rata-rata 98,21% Selain itu, bahan ajar LKS bermuatan IPA juga dinyatakan efektif setelah dilakukan observasi guru terhadap keterlaksanaan praktek pembelajaran LKS bermuatan IPA. Adapun nilai produk yang didapatkan pada uji reliabilitas pada sikap ilmiah dinyatakan reliabel atau sangat tinggi karena r hitung > r tabel, pada uji normalitas dengan menggunakan dua produk yaitu nilai LKS dan sikap ilmiah dengan signifikan 0,78>0,05, sedangkan pada uji homogenetis yang menggunakan uji F dengan nilai F=23,6 yang menggunakan t-test independent yang menyatakan tidak berdistribusi sama karna nilai signifikan 0,00<0,05, tetapi melalui eksprimen dan kontrol dengan perolehan hasil pretest dan posttest pada eksprimen yaitu 61,06% dan perolehan hasil pretest dan posttest pada kontrol yaitu 52,21% dengan gain pada eksprimen 0,91 dan N-Gain pada kontrol yaitu 0,75% dengan nilai Ha pada eksprimen dan kontrol yaitu >0,05 yang menunjukkan katari efektif. Hasil tes uji coba dengan penghitungan gain menunjukkan selisih antara pretest dan post-test termasuk dalam kategori tinggi . Maka dapat dikatakan adanya perbedaan suatu data sebelum menggunakan LKS yang tidak diberi perlakuan dan sesudah menggunakan LKS dengan memberikan suatu perlakuan dengan model berbasis inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerMuhammad, Nizaarnidn0821078501
ReviewerNursina, Sarinidn0825059102
Uncontrolled Keywords: LKS, Inkuiri Terbimbing, Sikap ilmiah
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NURLENI NURLENI
Date Deposited: 08 Mar 2022 07:08
Last Modified: 08 Mar 2022 07:08
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4467

Actions (login required)

View Item View Item