PENGEMBANGAN MEDIA “TAWA 3D” (TAMAN SATWA TIGA DIMENSI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 KARANG BONGKOT TAHUN AJARAN 2021/20222

AINA, SABILA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA “TAWA 3D” (TAMAN SATWA TIGA DIMENSI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 KARANG BONGKOT TAHUN AJARAN 2021/20222. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
34%PENGEMBANGAN_MEDIA__TAWA_3D___TAMAN_SATWA_TIGA_DIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media “Tawa 3D” (Taman Satwa Tiga Dimensi) diharapkan dapat membantu guru untuk menyampaikan materi dengan waktu yang lebih singkat dengan tujuan pengembangan mengetahui kevalidan,kepraktisan, dan keefektifan dari media “Tawa 3D” (Taman satwa tiga dimensi) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Karang Bongkot Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Development research) media “Tawa 3D”(Taman satwa tiga dimensi) dari Borg and Gall dengan instrument pengumpulan data yaitu lembar keterlaksanaan pembelajaran , lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk ahli validasi media dan materi,analisis kepraktisan dan analisis keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media “Tawa 3D” (Taman satwa tiga dimensi) yang dikembangkan, diperoleh dari 3 validator ahli media dengan persentase 91,88% pada kategori sangat valid dan tiga validator ahli materi dengan persentase 84% pada kategori sangat valid, (2) Media “Tawa 3D”(Taman satwa tiga dimensi) berdasarkan hasil angket respon siswa diperoleh data persentase dari respon siswa uji terbatas di kelas V SDN 2 Kuranji, dengan persentase 70,2% pada kategori praktis dan persentase dari angket respon siswa pada uji lapangan di SDN 2 Karang Bongkot dengan persentase 87,47% pda kategori sangat praktis dan pada lembar keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba lapangan SDN 2 Karang Bongkot dengan persentase 81,5% dengan kategori sangat baik. (3) keefektifan media “Tawa 3D” dilihat dari hasil siswa mengerjakan angket motivasi dan diperoleh data hasil uji lapangan di SDN 2 Karang Bongkot, dengan persentase rata-rata 87,53% pada kategori efektif. Sehingga denga demikian dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Karang Bongkot.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNanang, Rahmannidn0824038702
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Media Taman satwa tiga dimensi, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: AINA SABILA
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:52
Last Modified: 21 Mar 2022 07:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4437

Actions (login required)

View Item View Item