SUKARDIN, SUKARDIN (2022) EVALUASI KELAYAKAN TERMINAL GINTE TYPE B KABUPATEN DOMPU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB III.pdf Download (12MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
|
Text (similarity check)
48% EVALUASI_KELAYAKAN_TERMINAL_GINTE_TYPE_B_KABUPATEN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Terminal adalah pangkalan kendaraan bermotor umum yang akan digunakan untuk mengatur kedatangan dan keberangkatan, menaikkan dan menurunkan orang dan / atau barang, serta perpindahan moda angkutan dan sebagai titik simpul. Kajian dilakukan pada Terminal Ginte yang saat ini kinerja pelayanannya kurang optimal serta kondisi fasilitas pelayanan terminal yang masih minim dari yang distandarkan oleh suatu terminal Tipe B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian pengguna (penumpang) terminal terhadap pelayanan yang dimiliki terminal Ginte, untuk mengetahui pelayanan terminal Ginte sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2015 tentang Standar Penyelenggaraan Pelayanan Terminanl Penumpang dan untuk mengetahui pelayanan apa saja yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan di terminal Ginte. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan metode kuisioner. Penelitian dilakukan dengan cara mengamati langsung kondisi real terminal. Analisis data dilakukan dengan metode IPA (Importance Perfomance Analysis). Analisis ini dilakukan dengan mengukur jawaban penggunna jasa terminal, dengan mengukur tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan melalui beberapa atribut pelayanan yang ada di terminal, yang dilihat dari segi keselamatan, keamanan, kehandalan/ keteraturan, kenyamanan, dan kemudahan/ keterjangkauan. Atribut pelayanan tersebut disusun dalam bentuk kuisioner kemudian disebarkan kepada responden. Hasil analisis kinerja pelayanan dari Terminal Bus Ginte saat ini diperoleh nilai untuk keseluruhan atribut yaitu sebesar 50,42% dimana yang artinya kinerja Terminal Bus Ginte saat ini dilihat dari kualitas pelayanan terminal pada keseluruhan atribut yang dirasakan oleh responden berada dalam kategori (kurang baik) dan juga berdasarkan Standar Pelayanan Penyelenggara Terminal Type B Ginte Kabupaten Dompu Peraturan Menteri Perhubungan No.40 Tahun 2015 menunjukan bahwa pelayanan di terminal Ginte Kabupaten Dompu sudah sesuai kriteria berdasarkan PM No.40 tahun 2015 dengan presentasi 65,60% fasilitas telah ada dan 34,40% belum ada. Dimana dari 19 atribut yang telah dipetakan dalam diagram kartesius terdapat 7 atribut pelayanan yang menjadi prioritas perbaikan pelayanan yang berada pada Kuadran I. Kuadran I merupakan Atribut/indikator yang sangat penting untuk dilakukan perbaikan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Terminal, Pelayanan, Dompu, Analisis IPA | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 387 Transportasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | SUKARDIN SUKARDIN | |||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2022 07:40 | |||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2022 07:40 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4314 |
Actions (login required)
View Item |