PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN 2 KURANJI

Khalifah, Khalifah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN 2 KURANJI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_SKRIPSI_KHALIFAH_NIM 118180096_PGSD1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_SKRIPSI_KHALIFAH_NIM 118180096_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_SKRIPSI_KHALIFAH_NIM 118180096_PGSD.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
35% PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_RECIPROCAL_TEACHING_TE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Reciprocal Teaching adalah model pembelajaran berupa kegiatan mengajarkan materi kepada teman. Pada model pembelajaran ini siswa berperan sebagai guru untuk meyampaikan materi kepada teman-temannya. Sementara itu guru lebih berperan sebagai fasilitator. Reciprocal Teaching adalah suatu model pembelajaran dimana siswa diberi kesempatan untuk mempelajari materi terlebih dahulu. Kemudian, siswa menjelaskan kembali materi yang dipelajarinya kepada siswa yang lain Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan kognitif siswa Pada tema 3 subtema 1 dengan menerapkan model Reciprocal Teaching di Kelas IV SDN 2 Reciprocal Teaching Kuranji?. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 44 siswa terdiri dari kelas IV A 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV B 22 siswa sebagai kelas kontrol, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang diguunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, dan uji tingkat, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen sample t-test. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil Kemampuan Kognitif siswa pada materi tema 3 subtema 1 pada kelas IV SDN 2 Kuranji. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai ≥ (4.363≥ 2,018), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ha terima yang berbunyi terdapat pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan kognitif siswa pada tema 3 subtema 1 di Kelas IV SDN 2 Kuranji.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerNanang, Rahmannidn0824038702
ReviewerArpan, Islami Bilalnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Kognitif
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Khalifah Khalifah
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:06
Last Modified: 21 Feb 2022 03:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item