GAYA BAHASA IKLAN PRODUK KESEHATAN DAN KOSMETIK PADA BROSUR DI KOTA MATARAM

Syarif, Hidyatullah (2021) GAYA BAHASA IKLAN PRODUK KESEHATAN DAN KOSMETIK PADA BROSUR DI KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (483kB)
[img] Text (Similarity Check)
46% GAYA_BAHASA_IKLAN_PRODUK_KESEHATAN_DAN_KOSMETIK_PA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa iklan produk kesehatan dan kosmetik pada brosur di kota Mataram. Peneliti tertarik untuk meneliti gaya bahasa iklan produk kesehatan dan kosmetik pada brosur dan mendapat perhatian lebih dari para pengiklan, dari dalam negeri maupun luar negeri untuk memasarkan produk kecantikannya dan kesehatan. Persaingan iklan yang ketat di tiap brosur, mendorong kreativitas dan inovasi kata-kata yang disusun para pengiklan untuk menarik minat para pembaca brosur. Kreativitas dan inovasi kata-kata ini menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan bahasa iklan produk kesehatan dan kosmetik pada brosur di kota Mataram. Adapun objek penelitian ini adalah tujuh belasa iklan produk kecantikan dan kesehatan pada brosur. Objek penelitian ini adalah gaya bahasa iklan produk kesehatan dan kosmetik pada brosur yang diambil dari wacana iklan produk kecantikan dan kesehatan. Data diperoleh melalui teknik simak dan teknik catat. Instrumen penelitian adalah human instrument dengan alat bantu berupa kartu data. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif menggunakan analisis konten. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah reliabilitas data yang dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ditemukan jenis gaya bahasa perbandingan mencakup gaya bahasa simile, metafora, personifikasi dan pleonasme; jenis gaya bahasa pertentangan mencakup gaya bahasa hiperbola dan litotes; jenis gaya bahasa pertautan mencakup gaya bahasa metonimia, sinekdoke, alusi, epitet, erotesis, elipsis, asindenton, polisindenton; dan jenis gaya bahasa perulangan mencakup gaya bahasa tautotes dan gaya bahasa anafora.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSri, Maryaninidn0811038701
Thesis advisorNurmiwati, Nurmiwatinidn0817098601
Uncontrolled Keywords: Gaya Bahasa, Teks Iklan, Brosur
Subjects: 400 Bahasa > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:43
Last Modified: 24 Feb 2022 04:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4015

Actions (login required)

View Item View Item