KAJIAN REKAYASA LALULINTAS (PEMBERLAKUAN JALAN SATU ARAH JLN. Dr. WAHIDIN RUAS REMBIGA – GUNUNG SARI) PADA SIMPANG EMPAT REMBIGA KOTA MATARAM

ADDINURI, ADDINURI (2021) KAJIAN REKAYASA LALULINTAS (PEMBERLAKUAN JALAN SATU ARAH JLN. Dr. WAHIDIN RUAS REMBIGA – GUNUNG SARI) PADA SIMPANG EMPAT REMBIGA KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover - BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - Lampiran.pdf

Download (9MB)
[img] Text (Similarity Check)
50% KAJIAN_REKAYASA_LALULINTAS__PEMBERLAKUAN_JALAN_SAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Untuk mengetahui kinerja di simpang empat Rembiga dan mengetahui hasil rekayasa lalu lintas sitem satu arah terhadap kinerja ruas maka perlu dilakukan penelitian untuk melihat dampaknya terhadap ruas Jalan Dr. Wahidin Rembiga, Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang empat rembiga dan penerapan rekayasa lalu lintas system satu arah pada ruas Jalan Dr. Wahidin Rembiga – Kota Mataram. Ruas jalan ini adalah memiliki tingkat kemacetan yang cukup parah karena lebar ruas jalan yang tidak memadai, dan merupakan jalan penghubung antar kota dan kabupaten, mengakibatkan naiknya jumlah pergerakan yang beragam dari berbagai jenis kendaraan. Salah satu solusi mengatasi kemacetan di ruas jalan tersebut adalah perlu diterapkannya system jalan satu arah. Setiap ruas memiliki lebar jalan dan lebar bahu jalan yang berbeda. Penelitian ini menggunkan panduan MKJI 1997 (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) sebagai metode perhitungan untuk mengatasi perbandingan system sebelum diberlakukannya system satu arah dan sesudah diberlakukan system satu arah. Faktor utama sebagai parameter dalam penelitian ini adalah derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan ruas. Kinerja pelayanan sangat terlihat jelas pada ruas Jalan Dr. Wahidin dimana saat kondisi eksisting didapat nilai derajat kejenuhan 1.13, yang berarti tingkat pelayanan pada ruas tersebut mendapatkan nilai F. setelah diterapkannya system satu arah, maka derajat kejenuhan turun menjadi 0.52 dengan tingkat pelayanan berubah menjadi C. hal itu sangat berpengaruh pada pelayanan ruas jalan dan mengatasi kemacetan terjadi pada ruas jalan tersebut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTitik, Wahyuningsihnidn0819097401
Thesis advisorAnwar, Efendynidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Sistem Satu Arah, Ruas Jalan, MKJI, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Addinuri Addinuri
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:18
Last Modified: 12 Oct 2021 04:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3923

Actions (login required)

View Item View Item