PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 BATU KUMBUNG

SRI, WIDIAWATI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 BATU KUMBUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
32%PENGEMBANGAN_MEDIA_FLASH_CARD_PADA_PEMBELAJARAN_TE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media Flash Card adalah suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam memahami pembelajarannya terlebih khusus pada siswa SD kelas IV pada materi Tema 7 indahnya keragaman di negeriku. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari dua subjek yaitu, (1) Subjek uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas IV A SDN 3 Batu Kumbung, (2) Subjek uji coba lapangan dilakukan pada 15 siswa kelas IV B di SDN 3 Batu Kumbung. Penelitian ini yang bertujuan “ untuk mengembangkan media Flash Card untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar tema 7 sub tema 1 pembelajaran 3 yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ”. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall adalah tahap Research and information collecting, tahap Planning, tahap Develop preliminary form of product, tahap Preliminary field testing, tahap Main product revision, tahap Main field testing, tahap Operational product revision, tahap Operational field testing, tahap Final product revision. Hasil penilaian adalah penilaian dari dua validator ahli dan 3 validator praktisi pendidikan maka memperoleh presentasi 91 % dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa untuk uji coba terbatas maka memperoleh nilai 84,2 dan untuk angket respon siswa uji coba lapangan 88,53 dikategorikan sangat praktis, dan penilaian hasil tes ketuntasan hasil belajar siswa maka memperoleh presentase 0,77 sangat tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Media Flash Card, Hasil belajar
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 607 Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SRI WIDIAWATI
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:35
Last Modified: 28 Sep 2021 01:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item View Item