CUSMIATI, CUSMIATI (2021) EFEKTIVITAS PERKULIAHAN DALAM JARINGAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (COVER-BAB III)
cover-bab-3.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB IV)
bab-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
bab-5-lampiran.pdf Download (3MB) |
|
Text (SIMILARITY CHECK)
47%EFEKTIVITAS_PERKULIAHAN_DALAM_JARINGAN_DARING_DI_M.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Melalui Surat Edaran Mendikbud RI No. 3 - 36962/MPK.A/HK/2020 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada satuan Pendidikan dan Kebudayaan dalam surat edaran tersebut berisi tentang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sesuai dengan kondisi Perguruan Tinggi masing-masing. Dalam surat edaran itu pula dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik atau mahasiswa. Belajar di rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19. Tidak terkecuali di Universitas Muhammadiyah Mataram dan beberapa kampus lainnya yang ada di Nusa Tenggara Barat menerapkan perkuliahan jarak jauh dengan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring). Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Efektivitas Perkuliahan Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun 2020 serta Untuk mengetahui Faktor-faktor pendukung dan penghambat proses perkuliahan dalam jaringan (daring) di Universitas Muhammadiyah Mataram di Era Covid-19 tahun 2020. Penelitian ini bersifat kualitatif deskripstif melalui pengumpulan data yang bersifat primer sdan sekunder dengan cara turun langsung ke lokasi untuk melakukan wawancara, dokumentasi dan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh dosen fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas muhammadiyah mataram terhadap mahasiswa yaitu Small Group Discussion, Discovery Learning, Collaborative Learning sebagai bentuk dari kemandirian dalam karakteristik pembelajaran daring yang mampu memberikan dampak positif secara utuh.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pandemi Covid 19, Perkuliahan daring, Muhammadiyah Mataram | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu Sosial > 378 Pendidikan Tinggi, Unversitas 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | CUSMIATI CUSMIATI | |||||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2021 09:47 | |||||||||
Last Modified: | 19 Sep 2021 09:47 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3428 |
Actions (login required)
View Item |