UPAYA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN DOMPU DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DI MASYARAKAT MELALUI LARASITA (LAYANAN RAKYAT UNTUK SERTIFIKAT TANAH)

RAKIB, RAKIB (2021) UPAYA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN DOMPU DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DI MASYARAKAT MELALUI LARASITA (LAYANAN RAKYAT UNTUK SERTIFIKAT TANAH). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
1. Cover - Bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
2. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
3.BAB V - Lampiran.pdf

Download (607kB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
4. SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Upaya Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu dalam Peningkatan Pelayanan di Masyarakat Melalui Larasita (Layanan Rakyat Sertifikat Tanah).Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif, dengan meode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Dan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu, Staf Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu telah melaksanakan upaya peningkatan pelayanan melalui larasita dengan baik dan bertanggung jawab sesuai dengan Perkaban RI No.4 Tahun 2006 tentang struktur organisasi Kantor pertanahan dan SOP kegiatan dan Perkaban RI No.18 Tahun 2009 tentang Larasita. Upaya-upaya yang telah dilakukan yaitu : (1) Sosialisasi tentang arti, fungsi dan manfaat larasita. (2) Pola jemput bola dengan cara mendatangi daerah pelosok dengan mobil larasita. (3) Penerimaan layanan manual bagi masyarakat yang kesulitan dengan penggunaan tekhnologi. (4) Meringankan beban biaya transportasi masyarakat yang ingin mengurus surat tanah tanpa harus mendatangi Kantor Pertanahan. Sedangkan beberapa faktor penghambat upaya peningkatan pelayanan juga terjadi seperti kekurangan sarana dan prasarana yang memadai selama proses implementasi larasita.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMARDIAH, MARDIAHnidn0804117201
Thesis advisorABDUL, KHARISnidn0821117603
Uncontrolled Keywords: Upaya, Pelayanan, Kantor Pertanahan, Larasita.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: RAKIB RAKIB
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:41
Last Modified: 14 Sep 2021 06:41
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item