PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 BATU KUMBUNG

ENI, NURAINI (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 BATU KUMBUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB_III[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB_V-LAMPIRAN[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
Similarity_Check_(Hasil_Cek_Plagiasi)[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk modul pembelajaran materi bangun ruang yang valid, praktis dan efektif dengan mengembangkan tujuh tahapan pada pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN 3 Batu Kumbung. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan (R&D) dengan model 4-D, yaitu (1) Tahap Pendefisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development), dan (4) Penyebaran (Dessiminate). Berdasarkan hasil validasi dari 2 validator ahli 2 validator praktisi, maka diperoleh hasil persentase 85,94% pada kategori sangat valid. Hasil kepraktisan modul melalui angket respon diperoleh hasil persantase uji coba terbatas 73,62% pada kategori praktis. Hasil angket respon siswa diperoleh hasil persentase dari uji coba lapangan 88,82 % pada kategori sangat praktis. Hasil lembar observasi yang diamati oleh observer diperoleh hasil persentase 90,27% dalam kategori sangat baik. Hasil keefektifan modul yang dilhat melalui angket motivasi diperoleh nilai rata-rata 81,53% dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Modul, Contextual Teaching Learning (CTL), Motivasi Belajar
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ENI NURAINI
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:53
Last Modified: 13 Sep 2021 03:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

View Item View Item