BAIQ FITRIA ANNISSYA, WIJAYA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH SERBUK ARANG BATOK KELAPA SEBAGAI BAHAN PENGGANTI FILLER PADA LAPISAN AUS (AC-WC). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - Lampiran.pdf Download (848kB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Laston lapisan aus atau lapisan permukaan yang disebut AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Course) merupakan bagian lapisan yang paling sering terjadi kerusakan akibat repetisi beban kendaraan, faktor lingkungan dan faktor cuaca. Telah banyak diteliti bahwa dengan menggunakan bahan adiktif ( bahan tambah ) dari material lokal ramah lingkungan dapat memodifikasi sifat-sifat aspal dalam campuran beton aspal, untuk meningkatkan kinerja perkerasan. Serbuk arang batok kelapa digunakan pada penelitian ini bertujuan untuk pemanfaatan limbah batok kelapa yang kurang dimanfaatkan, selain sebagai bahan bakar. Selain itu pemanfaatan batok kelapa juga diharapkan dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan dan mempunyai nilai tambah secara ekonomis bagi masyarakat. Pengujian dilaksanakan di Balai Pengujian Material Konstruksi, Laboraturium Bahan dan Jalan, Dinas Pekerjaan Umum, Provinsi NTB. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data agregat dan campuran untuk perkerasan dengan kadar serbuk arang batok kelapa 1% 2% 3% terhadap berat total agregat sebagai bahan pengisi (filler) dan kadar aspal yang digunakan 5,5%, 6%, 6.5%. Berdasarakan persyaratan dan spesifikasi, nilai–nilai yang akan diperoleh adalah Stabilitas, Flow, VIM, VMA, VFB dan MQ. Untuk mendapatkan parameter yang dibutuhkan dilakukan beberapa pengujian diantaranya adalah uji berat jenis filler, berat jenis campuran maksimum (GMM), perancangan kadar aspal optimum, dan marshall pada kadar aspal optimum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada setiap parameter yang dibutuhkan, diperoleh nilai dari uji marshall filler serbuk arang batok kelapa menggunakan kadar aspal optimum sebesar 6.2% seluruhnya telah memenuhi spesifikasi Bina Marga 2018. Nilai density/unit weight terbesar 2,485 terletak pada kadar filler 1% , nilai stabilitas terbesar 1220 kg terdapat pada kadar filler 1%, nilai flow terbesar 3,40 mm terdapaat pada kadar filler 2%, nilai MQ tersebesar 378 kg/mm terdapat pada kadar filler 3%, nilai VIM terbesar 4,88% terdapat pada kadar filler 1%, niali VMA nilai terbesar 18,04% terdapat pada kadar filler 1% dan 2%, nilai VFB terbesar 74,55% terdapat pada kadar filler 2%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Laston, serbuk arang batok kelapa, kadar aspal optimum | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan 000 Karya Umum > 002 Buku 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik & Ilmu yang Berkaitan 300 Ilmu Sosial > 388.46 Transportasi di Perkotaan dengan Kendaraan Bermotor 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | BAIQ FITRIA ANNISSYA WIJAYA | |||||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2021 02:55 | |||||||||
Last Modified: | 13 Sep 2021 02:55 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3226 |
Actions (login required)
View Item |