PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

YAYU, SAFITRI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
Similarity Check yayu1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran Scrapbook pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Researh and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Uji coba terbaatas dilakukan pada 7 siswa di SDN Inpres 2 Rite dan pada uji lapangan dilakukan 14 siswa SDN 2 Rite. Berdasarkan hasil validasi media dan materi dinyatakan sangat valid dengan nilai 87% dan hasil kepraktisan uji terbatas 91,42% dengan kriteria (Sangat praktis). Pada uji keefektifan didapatkan rata-rata motivasi awal 47,02 dan rerata moivasi akhir 78,675. Hasil selisih motivasi belajar siswa berdasarkan rumus Gain score diperoleh nilai 0,59 sehingga peningkatan motivasi belajar siswa berada pada kriteria sedang (berdasarkan tabel gain standar).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Media Scrapbook, Motivasi Belajar
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: YAYU SAFITRI
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:00
Last Modified: 06 Sep 2021 01:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item