تعليم اللغة العربية بمنهج التعليم 2013 في زمان الوباء كوفيد19بالمدرسة الثانوية الإسلامية الإنتصار ماترام العام الدراسي 2020/2021

HJ. KHAERUN, NAJWA (2021) تعليم اللغة العربية بمنهج التعليم 2013 في زمان الوباء كوفيد19بالمدرسة الثانوية الإسلامية الإنتصار ماترام العام الدراسي 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB I)
Cover-Bab 1.pdf

Download (935kB)
[img] Text (BAB II-III)
Bab 2-Bab 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV-LAMPIRAN)
Bab 4-Lampiran.pdf

Download (296kB)

Abstract

Coronavirus disease 2019 (covid-19) pada saat ini masih menjadi maslah kesehatan dunia, begitu juga pada dunia pendidikan. Berdasarkan keterangan guru Bahasa Arab MA Al-Intishor Mataram, menyatakan bahwa sangat kesulitan menyesuaikan system pembelajaran pada masa pandemic yang yang melarang pembelajaran dengan tatap muka sehingga memaksa para guru untuk melakukan adaptasi dengan singkat dan memaksimalkan semua potensi yang ada. Hal ini mengakibatkan munculnya berbagai kendala dalam proses pembelajaran yang dilakukan, baik kendala dari siswa, guru, maupun sarana pendukung. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan kurikulum 2013 pada masa pandemic covid 19 di MA Al-Intishor Mataram 2) Untuk mengetahui apa saja kendala dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa arab menggunakan kurikulum 2013 pada masa pandemic covid 19 di MA Al-Intishor Mataram. Fenomena perubahan kurikulum di Indonesia memgalami pasang surut sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berlaku. Seperti halnya fenomena saat ini, pemerintah yang diwakili oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan implementasi kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan. Untuk itu perlu adanya keharusan untuk merekonstruksi kurikulum baru yang diharapkan bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Kurikulum baru itu adalah Kurikulum 2013 yang berbasis pada pendidikan karakter dengan pembelajaran tematik terpadu dan pendekatan saintifik. Adapun faktor yang mempengaruhi keberhasilan Kurikulum 2013 adalah dengan menggerakkan semua sumber daya sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di MA Al-Intishor Mataram. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitan adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan kurikulum 2013 pada masa pandemic covid 19 di MA Al-Intishor Mataram dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajran project based learning dan strategi pembelajaran dalam jaringan (daring). 2) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa arab menggunakan kurikulum 2013 pada masa pandemic covid 19 di MA Al-Intishor Mataram yaitu: kendala yang bersumber dari factor internal dan eksternal. Kendala yang bersumbber dari factor internal yaitu: minta, motivasi, dan kesiapan siswa menerima pembelajaran dengan konsep yang baru. Sedangkan yang berasal dari factor eksternal yaitu: aspek keluarga, aspek sekolah, dan aspek masyarakat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHUSAIN, HUSAINnidn0807048002
ReviewerAHMAD HELWANI, SYAFI'Inidn0801127803
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Pandemi Covid-19
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
400 Bahasa > 415 Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: HJ.KHAIRUN NAJWA
Date Deposited: 31 Mar 2021 06:53
Last Modified: 31 Mar 2021 06:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item