DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM SERTIFIKASI GURU (STUDI KASUS DI SDN 4 LABUHAN HAJI)

INE NADIA, PRATIWI (2021) DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM SERTIFIKASI GURU (STUDI KASUS DI SDN 4 LABUHAN HAJI). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 4 Labuhan Haji Berada di Provinsi Nusa Tengara Barat (NTB), Kota Selong,kecamatan Labuhan Haji, Desa Labuhan Haji dengan kordinat Lintang dan Bujur 08ᶿ.69ᶿ LS 116ᶿ 88ᶿ BT, yang merupakan Jalan Hos Cokro Aminoto Dusun Mandar kode pos 83616.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kebijakan sertifikasi pada guru SD 4 Labuhan haji . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kebijakan sertifikasi pada Guru 4 Labuhan Haji telah memberikan dampak yang sejalan dengan tujuan sertifikasi guru yaitu menciptakan guru yang professional. Secara khusus hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Dampak yang dikehendaki dari kebijakan sertifikasi guru menunjukkan bahwa sertifikasi guru telah meningkatnya kemampuan dan kompetensi guru dalam menciptakan suasana lingkungan belajar yang efektif. Guru lebih professional menjaga ketepatan waktu masuk kelas dan memulai pelajaran sesuai prosedur dan roster pelajaran yang ditetapkan, dan disiplin dalam mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran. Sertfikasi guru juga telah meningkatknya kesejahteraan dan martabat guru sebagai konsekuensi atas tunjangan 1 kali gaji pokok setiap bulannya, 2)Dampak aktual sertifikasi guru telah menjadikan gaya hidup guru menjadi lebih konsumtif dan dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya, namun hal tersebut menjadi wajar dan manusiawi dengan beban mengajar 24 jam/minggu yang menuntut para guru untuk total fokus di sekolah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorRAMA, YANTOnidn0809096702
Uncontrolled Keywords: SLIMS PEMUSTAKA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: INE NADIA PRATIWI
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:30
Last Modified: 23 Jun 2021 02:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2327

Actions (login required)

View Item View Item