PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA TEMA BENDA DI SEKITARKU DI KELAS III SDN 38 MATARAM

ROSIDAH, ROSIDAH (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA TEMA BENDA DI SEKITARKU DI KELAS III SDN 38 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kartu bergambar merupakan kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar tersebut. Media menggunakan kartu bergambar yang diperlihatkan pada anak dapat menimbulkan sikap aktif dan dapat berkomunikasi dengan lingkungannya sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan dari peneitian ini adalah Bagaimana pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada tema benda di sekitarku di kelas III SDN 38 Mataram?. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 20 peserta didik terdiri dari kelas III A 10 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan III B 10 peserta didik sebagai kelas kontrol, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Uji coba instrument yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya pembeda soal, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen samplet-test dan uji NGain Hasil peneitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada tema benda di sekitarku di kelas III SDN 38 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021,yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 74,242 > 2.101 Ho ditolak Ha diterima, dengan perbandingan nilai rata-rata hasil posttes kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 91,6 > 73,5 . Kata Kunci: Media kartu bergambar, Hasil belajar kognitif peserta didik

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHAIFATURRAHMAH, HAIFATURRAHMAHnidn0804048501
ReviewerNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Media kartu bergambar, Hasil belajar kognitif peserta didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: RODSIDA ROSIDA
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:22
Last Modified: 22 Mar 2021 03:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item View Item