POLA PEMBELAJARAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI AFEKTIF SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN PPKn DI MTs AR-RAHMAN MEROMBOK DESA GOLO BILAS KECAMATAN KOMODO KABUPATEN MANGGARAI BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ROSMINI, ROSMINI (2021) POLA PEMBELAJARAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI AFEKTIF SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN PPKn DI MTs AR-RAHMAN MEROMBOK DESA GOLO BILAS KECAMATAN KOMODO KABUPATEN MANGGARAI BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk 1) mendiskripsikan pola pembelajaran guru dalam mengembangkan potensi afektif siswa pada pembelajaran PPKn 2) mendiskripsikan hambatan-hambatan yang di alami dalam proses pengembangan pengembangan potensi afektif siswa pada pembelajaran PPKn 3) mendiskripsikan cara-cara yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan potensi afektif siswa pada pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MTs Ar-Rahman Merombok. Subjek penelitian Guru PPKn, Kepala Sekolah dan Kurikulum sedangkan yang menjadi objek penelitian yaitu siswa. Jenis data kualitatif dan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik analisis data dibagi menjadi tiga yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil data, dapat disimpulkan bahwa pola pembelajaran guru dalam mengembangkan potensi afektif siswa di MTs ArRahman Merombok guru PPKn belum memberikan feed back yang baik. Faktor penghambatnya adalah 1) Kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran PPKn 2) Fasilitas sekolah yang kurang memadai 3) sikap malas dan respon siswa yang tidak memperdulikan materi ketika pelajaran berlangsung. Cara-cara yang dilakukan guru yaitu 1) menggunakan media pembelajaran 2) merancang strategi pembelajaran dan 3) melakukan pendekatan kepada siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerKOMANG, SUNDARAnidn0027045606
ReviewerALIAHARDI, WIANATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Pola pembelajaran guru, mengembangkan potensi afektif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: NANI SULISTIANINGSIH
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:52
Last Modified: 05 Mar 2021 02:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item