INOVASI PELAYANAN PUBLIK SIMAWAR (SISTEM INFORMASI WARGA) DI KABUPATEN BIMA

AYU WULANDARI, WIRANATA (2020) INOVASI PELAYANAN PUBLIK SIMAWAR (SISTEM INFORMASI WARGA) DI KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB 1 - 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik Simawar (Sistem Intormasi Warga) adalah suatu inovasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bima melalui DP3AP2KB (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana) yang berfokus pada pelaporan kasus kekerasan perempuan dan anak, usaha perempuan, pelaporan difabel, dan perempuan inspirasi. Inovasi ini bertujuan untuk memudahkan pelayanan terhadap pelaporan dan pengembangan atau pembangunan yang responsive gender di Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di DP3AP2KB Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa inovasi pelayanan publik Simawar ini sudah bisa diterima oleh masyarakat dan dapat berjalan cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari lima indikator pelayanan publik yakni kepentingan umum, kepastian hukum, persamaan perlakuan/tidak deskriminatif, ketepatan waktu, kecepata, kemudahan, dan keterjangkauan. Faktor pendukung dalam inovasi ini adalah sistem informasi teknologi , sumber daya anggaran, dan fasilitas yang sudah memadai, dan partisipasi masyarakat tinggi. Faktor penghambat dalam pelayanan publik melalui simawar ini adalah jaringan internet yang belum bisa diakses secara optimal, kuantitas dan kualitas dari SDM yang masih kurang, dan letak geografis yang relatif luas dan terpencil sehingga sulit untuk dijangkau.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorRAHMAT, HIDAYATnidn0822408901
Uncontrolled Keywords: inovasi, pelayanan publik, dan simawar
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-Sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 10 Oct 2020 04:22
Last Modified: 22 Jun 2021 02:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item View Item