PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X DI SMA NEGERI 2 WERA KAB. BIMA TAHUN 2018/2019

HARIFAN, GIO (2020) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X DI SMA NEGERI 2 WERA KAB. BIMA TAHUN 2018/2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_HARIFAN ALMUNAWAR_NIM 11413A0061_PPKN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV_HARIFAN ALMUNAWAR_NIM 11413A0061_PPKN.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_HARIFAN ALMUNAWAR_NIM 11413A0061_PPKN.docx

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Open ENDED Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di SMA Negeri 2 Wera Kab. Bima Tahun 2018/2019. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasih model problem based learning berbasis Open Ended terhadap kemampuan siswa pada mata pembelajaran PPKn di SMAN 2 Wera. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ini jenis penelitian pre experimental designs dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa klasifikasi variabel penelitian dan definisi operasional variabel sedangkan instrumen penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis yang berbentuk soal pilihan ganda yanag terdiri dari 30 soal. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model problem based learning berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah sisawa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 2 Wera. Berbagai pendekatan dilakukan dalam proses pembelajaran karena dapat membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar sehingga akan berdampak pada hasilbelajarnya. Untuk itu guru perlu memfariasikan model pembelajaran yang akan digunakan yaitu model problem based learning berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah sisawa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 2 Wera. Jadi basil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (83.80953) dibandingkan kelas statik (68.40910). Kemudian, nilai tertinggi hasil belajar kelas eksperimen, yaitu 95 (didapatkan oleh 6 orang siswa) dan 2 orang siswa mendapatkan nilai terendah 60. Sedangkan, nilai tertinggi kelas statik 90 (didapatkan oleh 3 orang siswa) dan 1 orang siswa mendapatkan terendah 40. Sementara itu, hasil uji T dan posttest hasil belajar siswa adalah thitung (3.6602) > ttabel (1.6829) dengan taraf signifikan 5% dan df 40. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak sehmgga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi model problem based learning berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan maalah pada mata pelajaran PPKn di SMAN 2 Wera. Kata Kunci : Pengaruh, Implementasi, Model Problem Based Learning, Berbasis Open Ended, Kemampuan Berpikir

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHAFSAH, HAFSAHNIP196905062007012037
ReviewerABDUL, SAKBANNIDN0824048404
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Implementasi, Model Problem Based Learning, Berbasis Open Ended, Kemampuan Berpikir
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:12
Last Modified: 05 Oct 2020 04:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1461

Actions (login required)

View Item View Item