STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER BUILDING SISWA (STUDI KASUS PAUD-IT LEBAH KECIL MATARAM)

SITI, ADANIYAH (2020) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER BUILDING SISWA (STUDI KASUS PAUD-IT LEBAH KECIL MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III SITI ADANIYAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi komunikasi merupakan paduan perencanaan komunikasi dengan menejemen komunikasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Dakwah adalah metode penyampaian ajaran Islam berupa amar ma’ruf nahi munkar. Karakter building merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak manusia atau masyarakat sehingga menunjukkan tingkah laku yang baik menurut agama dan pancasila. Dengan demikian yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Komunikasi Dakwah guru dalam membentuk karakter building siswa di PAUD-IT Lebah Kecil Mataram dan apa saja hambatan yang di hadapi oleh guru dalam membentuk karakter siswa? Jenis penelitian yang digunakan penulis merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik penelitian lapangan (Field Reaserch) Metode yang digunakan untuk melengkapi penelitian ini digunakan metode observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan cara berfikir induktif Strategi komunikasi oleh guru PAUDIT Lebah Kecil yaitu perumusan strategi, berupa mengenali sasaran khalayak untuk dapat mengetahui situasi dan kondisi seorang siswa. Dalam penyusunan pesan dengan cara menarik perhatian siswa disaat belajar dan melakukan kegiatan praktek sholat. Dalam upaya implementasi strategi, guru melakasanakan program-program kegiatan yang telah dirancang. Beberapa program kegiatan tersebut berjalan dengan baik. siswa yang menjadi komunikan telah dapat memahami pesan yang disampaikan oleh guru lewat program kegiatan. Dari pemahaman siswa, maka pembentukan karakter Islami dapat berproses sesuai dengan rancangan strategi. Proses pelaksanaan strategi komunikasi guru mendapatkan beberapa hambatan. Dari berbagai macam faktor, diantaranya faktor orang tua yang terkadang masih belum membiasakan suasana yang Islami di dalam rumah. Ketidak seimbangan ini membuat pembentukan karakter Islami anak menjadi goyah. Perlu adanya sosialiasi Islami kepada orang tua siswa untuk dapat mendukung anaknya agar dapat membiasakan dirinya berprilaku Islami di rumah. Dengan demikian, strategi komunikasi akan berdampak efektif apabila dapat dijalankan sesuai dengan langkah yang telah dirancang. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Dakwah, Karakter Building, Strategi Dakwah,.siswa, PAUD

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHUSNAN, HUSNANNIDN0807048002
ReviewerSUKARTA, SUKARTANIDN0817088404
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Dakwah, Karakter Building, Strategi Dakwah,.siswa, PAUD
Subjects: 200 Agama > 2X0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:33
Last Modified: 22 Sep 2020 03:33
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item View Item