Esti, Meinasti (2019) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III DI MI NW JOHAR PELITA SESELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].
Text
COPVER- BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Esti Meinasti. Urgensi Media audiovisual Untuk Meningkat Prestasi Belajar Pada Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 3 Di MI NW Johar Pelita Sesela Gunung Sari Lombok Barat Tahun Ajaran 2018/2019:Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram . Adapun variasi dalam penggunaan media audio visual pada intinya mengacu pada banyaknya media yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran, pembelajaran yang dimaksud di sini tentang memahami materi Fiqih dengan baik, dimana siswa dituntut untuk memahaminya dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses belajarmengajar guru tidak hanya fokus untuk beberapa siswa saja tetapi seluruh siswa yang ada di dalam kelas,dalam hal proses belajar mengajar siswa dapat memahami materi yang diajarkan oleh guru dengan gaya belajarnya masing-masing. Gaya belajar siswa itu ada tiga yaitu audio, visual, dan kinestetik. Guru harus cerdas dan cermat dalam memilih media yang digunakan dalam pembelajaran, supaya pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui urgensi penggunaan media audio visual pada kelas 3 di MI NW Johar Pelita Gunung Sari. 2) Untuk meningkatkan pemahaman materi fiqih dengan menggunakan media audio visual pada kelas 3 NW Johar Pelita Sesela. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas 3 MI NW Johar Pelita yang berjumlah 15 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode observasi,wawancara dan test.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah:siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan.Nilai peningkatan prestasi siklus 1 adalah Hal ini terlihat dari hasil perolehan nilai rata-rata siswa masih kurang yaitu dari rata-rata yang berjumlah 54,66 pada siklus I meningkatkan menjadi 79,33 pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan belajar menigkat juga dari 40% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Demikian juga pada analisis aktivitas guru dan siswa, dimana aktivitas siswa yanng tadunya berkategori aktif yaitu dengan jumlah skor 41 pada siklus 1 meningkatkan menjadi 55 berkategori sangat aktif pada siklus II. Sedangkan aktivitas guru yang tadinya jumlah nilai 13 yang berkategori aktif pada siklus I meningkat menjadi 16 yang berkategori sangat aktif pada siklus II. Kata Kunci: Media Audiovisual,Prestasi belajar, Fiqih
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Repository UMMAT | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Wahyuni Wahyuni | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2019 03:15 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2019 03:15 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/130 |
Actions (login required)
View Item |