STRATEGI PROMOSI DAN PEMASARAN ONLINE YANG DILAKUKAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA LOMBOK TIMUR DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

MUHAMMAD, HADI SIRRY (2020) STRATEGI PROMOSI DAN PEMASARAN ONLINE YANG DILAKUKAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA LOMBOK TIMUR DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
PDF 123 - Copy.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur selaku pemerintah sebagai penyokong industry pariwisata Lombok Timur tentunya berkewajiban untuk bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengembangan, peraturan dan mengadakan pembinaan terhadap industry kepariwisataan di daerah serta memberikan informasi mengenai kepariwisataan di Kabupaten Lombok Timur. Sehinnga rencana yang strategis sebagai langkah mengembangkan potensi wisata di kabupaten Lombok timur perlu dilakukan salah satunya dengan menyusun sebuah starategi promosi dan pemasaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dan pemasaran online yang dilakukan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata Lombok timur dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di kabupaten Lombok timur. Untuk mencapai tujuan tersebut, Penelitian ini menggunakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data data primer dan data sekunder, sedangkan sumber data dalam penelitian ini menggunakan rumus 3P yakni person, paper,dan place. Metode pengumpulan data digunakan dalam bentuk metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini mengunakan analisis kualitatif mencankup tiga kegiatan yaitu: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa strategi periklanan dilakukan dengan menyebarkan brosur, baliho dan banner. Strategi public relation dilakukan dengan mengikutsertakan masyarakat setempat dalam kegiatan/event tahunan pemerintah dengan menjalin kerjasama. Strategi promosi penjualan memberikan hadiah kepada wisatawan yang berkunjung ketempat wisata Strategi penjualan tatap muka dilakukan dengan menyelenggarakan seminar atau sosialisasi tentang potensi pariwisata Kabupaten Lombok Timur dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan event. Strategi pemasaran langsung dengan menyajikan pameran disetiap acara. Strategi promosi online melalui berbagi media social dan bekerjasama dengan media elektronik seperti televisi dan radio. Sehingga pada penelitian disarankan pada penelitian selanjutnya untuk meneliti variabel lain agar hasil penelitian dapat bervariasi dan dapat dibandingkan. Diharapkan kepada pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana pada kawasan wisata Kabupaten Lombok Timur guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDURRAHMAN, ABDURRAHMANnidn0804116101
Thesis advisorSUDARTA, SUDARTAnidn0802048008
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Pemasaran Online, Wisata
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu Sosial > 306 Kebudayaan & Pranata
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:25
Last Modified: 16 Jun 2021 02:29
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item