DEVI, ANGGUN (2024) TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT TANPA RESEP DI APOTEK PANJI TILAR KOTA MATARAM. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu bentuk tanggung jawab profesi kesehatan dalam bidang kefarmasian oleh seorang apoteker dan tenaga teknis kefarmasian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Setiap tahun jumlah Apotek semakin bertambah banyak, hal ini disebabkan karena semakin besarnya jumlah penduduk Indonesia dan berkembangnya masalah kesehatan yang semakin kompleks. Hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 20.000 Apotek yang memiliki izin di Indonesia. Kepuasan merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara kinerja dan harapan dari suatu pelayanan. Kepuasan konsumen dapat menjadi tolak ukur bagi kelangsungan apotek. Tujuan : untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep di apotek panjitilar kota mataram. Metode : deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Diperoleh sampel sejumlah 100 responden. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 1 bulan pada tanggal 5 juni-27 juni. Hasil : Tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep di apotek panjitilar kota mataram diperoleh persentase dari kelima dimensi yaitu pada dimensi tangible 97,33% (sangat puas), dimensi reliability 90,68% (sangat puas), dimensi responsiveness 89,21% (sangat puas), dimensi assurance 87,57% (sangat puas) dan dimensi empathy 95,31% (sangat puas). Kesimpulan : Dari kelima dimensi didapatkan hasil persentase 92,02% dengan kategori sangat puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | kepuasan konsumen,pelayanan obat tanpa resep, apotek | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi | |||||||||
Depositing User: | Devi Anggun | |||||||||
Date Deposited: | 16 May 2025 02:49 | |||||||||
Last Modified: | 16 May 2025 02:49 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |