TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT TANPA RESEP DI APOTEK PANJI TILAR KOTA MATARAM

DEVI, ANGGUN (2024) TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT TANPA RESEP DI APOTEK PANJI TILAR KOTA MATARAM. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu bentuk tanggung jawab profesi kesehatan dalam bidang kefarmasian oleh seorang apoteker dan tenaga teknis kefarmasian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Setiap tahun jumlah Apotek semakin bertambah banyak, hal ini disebabkan karena semakin besarnya jumlah penduduk Indonesia dan berkembangnya masalah kesehatan yang semakin kompleks. Hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 20.000 Apotek yang memiliki izin di Indonesia. Kepuasan merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara kinerja dan harapan dari suatu pelayanan. Kepuasan konsumen dapat menjadi tolak ukur bagi kelangsungan apotek. Tujuan : untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep di apotek panjitilar kota mataram. Metode : deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Diperoleh sampel sejumlah 100 responden. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 1 bulan pada tanggal 5 juni-27 juni. Hasil : Tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep di apotek panjitilar kota mataram diperoleh persentase dari kelima dimensi yaitu pada dimensi tangible 97,33% (sangat puas), dimensi reliability 90,68% (sangat puas), dimensi responsiveness 89,21% (sangat puas), dimensi assurance 87,57% (sangat puas) dan dimensi empathy 95,31% (sangat puas). Kesimpulan : Dari kelima dimensi didapatkan hasil persentase 92,02% dengan kategori sangat puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBAIQ, LENY NOPITASARInidn0807119001
Thesis advisorNUR, FURQANInidn0814118801
Uncontrolled Keywords: kepuasan konsumen,pelayanan obat tanpa resep, apotek
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi
Depositing User: Devi Anggun
Date Deposited: 16 May 2025 02:49
Last Modified: 16 May 2025 02:49
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11406

Actions (login required)

View Item View Item