PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS ETNOPEDAGOGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI IPS TERPADU PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 SAPE

NURSAFIANA, NURSAFIANA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS ETNOPEDAGOGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI IPS TERPADU PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 SAPE. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi siswa salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan media yang sesuai dengan pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Etnopedagogi Untuk Meningkatkan Kompetensi IPS Terpada Pada Siswa di SMPN 1 Sape. Penelitian pengembangan atau R&D (Research And Development) ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan, analysis, design, development, implementation and evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa media digital berbasis etnopedagogi memiliki validitas sangat tinggi dengan nilai 92% (sangat valid), dan validasi ahli materi 84,75% (valid), validasi rencana pembelajaran (RPP) 90,17% (sangat valid), dari ahli RPP 1 dan 91,64% (sangat valid) dari ahli RPP 2, modul ajar kurikulum merdeka 85,71% (valid), validasi soal 83,5% (valid). Hasil uji coba terbatas menujukan nilai/angka 87 atau berada pada kategoti sangat praktis. Hasil uji coba lapangan N-Gain rata-rata nilai pre-test sebesar 790 dan nilai pos-test sebesar 1390 yang menunjukan bahwa kompetensi siswa meningkat, kemudian untuk N-Gain diperoleh nilai rata-rata 0,73 yang termasuk kategori tinggi kemudiian dikalikan 100% menghasilkan 73 yang setelah dimasukan data kualitatif termasuk dalam kriteria “efektif”

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSITI, SANISAHnidn0025057514
Thesis advisorARIF, ARIFnidn0814028001
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Digital, Canva For Education, Kompentensi Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nursafiana Nursafiana
Date Deposited: 26 Feb 2025 05:43
Last Modified: 26 Feb 2025 05:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11332

Actions (login required)

View Item View Item