EFEKTIFITAS METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG TAHUN AJARAN 2018/2019

Khairunnisa, Khairunnisa (2019) EFEKTIFITAS METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG TAHUN AJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (544kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektifitas Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Raudlatusshibyan NW Belencong Tahun Ajaran 2018/2019”. Untuk menjadi seorang guru tidak lah mudah, yang mana guru merupakan seorang pendidik yang membelajarkan siswanya agar siswa tersebut mempunyai pengetahuan. Tanggung jawab seorang guru tidak lah mudah terutama pada saat menjelaskan materi pelajaran, cara guru menjelaskan akan berpengaruh dengan semangatnya siswa dalam menerima materi pelajaran, oleh karena metode atau cara yang digunakan guru harus mampu membuat siswa/I bergairah dalam belajar agar siswa/I termotivasi untuk belajar. Maka dari itu di penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan metode resitasi pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap motivasi belajar siswa kelas IV MI Raudlatusshibyan NW Belencong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini penelitian kualitatif yang melihat hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang akan menjadi sumber penelitiam. Yang menjadi subjek penelitian disini ialah guru kelas IV dan siswa kelas IV A MI Raudlatusshibyan NW Belencong. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Resitasi atau penugasan yang di lakukan didalam kelas adalah metode yang mampu memberikan motivasi kepada siswa, yang mana siswa yang tadinya kurang bergairah dalam belajar dengan diterapkannya metode ini mampu membangkitkan kembali semangat siswa dalam belajar. Motivasi merupakan unsur yang sangat penting dalam proses belajar mengajar agar mencapai hasil yang diinginkan, dari data yang di peroleh observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukan bahwa rata-rata dari siswa kelas IV MI Raudlatusshibyan NW Belencong merasa sangat termotivasi dalam belajar dengan penerapan metode resitasi (penugasan) sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAqodiah, AqodiahUNSPECIFIED
ReviewerMuhammad, Musfiatul WardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 200 Agama > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 30 Nov 2019 01:20
Last Modified: 30 Nov 2019 01:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item