ASTINA, ASTINA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 27 WOJA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Peserta didik kurang aktif (pasif) dalam mengemukakan pendapat dan pengetahuannya terkait materi pembelajaran model pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran adalah model pembelajaran lansung dengan menggunakan metode ceramah. Masalah yang sama juga terjadi di SDN 27 Woja dimana tenaga pengajar masih sering menggunakan metode belajar ceramah dalam kegiatan belajar. hal tersebut tentunya berdampak kepada minat dan antusiasme belajar siswa dalam mengikuti pelajaran, dan berdampak pula kepada hasil belajar siswa. Hal tersebut membuat penulis mencoba melakukan sebuah eksperimen yaitu Penerapan model pembelajaraninside outside circle (ioc) terhadap hasil belajar pada tema 2 subtema 2 pembelajaran ke-2 siswa kelas V SDN 27 Woja Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran Inside Outside Circle(IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 27 Woja metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan menggunakan instrument. Hasil penelitian adalah hasil uji tes kelas pre test atau kelas control mendapakan nilai rata-rata 14,067 sementara kelas eksperimen atau kelas post test mendapatkan nilai yang lebih tinggi yaitu dengan rata-rata 18,2. Hal tersesebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle(IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas V.SDN 27 Woja Hasil uji Paired Samples Test diamana nilai signifikansi yang ditemukan adalah 0,000 yang artinya lebih kecil.dari 0,05 yang artinya adalah adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Dengan demikinan maka Ho yang berbunyi tidak ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretesr dan posttest yang artinya tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran isnde outside circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa di tolak, dan Ha yang berbunyi ada perbedaan rata-rata antara hasil pre test dan pos test adalah pengaruh model pembelajaran inside outside cirlec( IOC) terhadap hasil belajar siswa diterima.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peserta didik, model pembelajaran, metode ceramah, Inside Outside Circle (IOC), hasil belajar, penelitian eksperimen, SDN 27 Woja, metode observasi, pre-test, post-test, kuantitatif, Paired Samples Test, pengaruh model pembelajaran, peningkatan hasil belajar, minat dan antusiasme belajar siswa | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Astina Astina | |||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2025 02:24 | |||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2025 02:24 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |