PENGARUH PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SDN 1 DASAN BARU

REIZKA, KHAIRATUL ISNADANIA (2025) PENGARUH PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SDN 1 DASAN BARU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV Mata Pelajan Pendidikan Pancasila SDN 1 Dasan Baru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental design tipe Non-equavalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Dasan Baru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN 1 Dasan Baru yang berjumlah 324 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 59 siswa, dengan jumlah sampel kelas eksperimen 30 siswa dan sampel kelas kontrol berjumalah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angketdan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulakan bahwa hasil uji hipotesis yang dilakukan nilai thitung ≤ ttabel yaitu 6.871 ≥ 2.000 dengan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2) - 2 = 59 - 2 = 57, yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima, artinya pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV Mata Pelajan Pendidikan Pancasila SDN 1 Dasan Baru.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Culturally Responsive Teaching, Pemahaman Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Reizka Khairatul Isnadania
Date Deposited: 21 Feb 2025 06:52
Last Modified: 21 Feb 2025 06:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item