PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

NURNADYA, NURNADYA (2025) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperiman kuasi, sampel yang digunakan sebanyak 65 siswa terdiri dari kelas VI -A 37 siswa sebegai kelas eksperimen dan VI-B 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan postest, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelititan yang digunakan adalah tes, lembar observasi. Metode analisis menggunaakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test atau uji t pada program IBM SPSS versi 30 for windows. Hasil penelitian Uji Paired Sample T-Test menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-testi dengan post-test dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sidded p) = 0,001<0,05, maka Hipotesis Nol (H0) pada penelitian ini di tolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, di mana terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua test. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian kemampuan pemecahan masalah siswa memiliki pengaruh dalam Problem Based learling (PBL).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorYUNI, MARYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: problem based learning (PBL), Pemecahan Masalah, Matematika, Sekolah Dasar.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurnadya Nurnadya
Date Deposited: 21 Feb 2025 02:20
Last Modified: 21 Feb 2025 02:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10994

Actions (login required)

View Item View Item