PENGARUH PENDEKATAN KOMUNIKATIF BERBASIS BUDAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 35 AMPENAN

HILMI, DERMAWAN (2025) PENGARUH PENDEKATAN KOMUNIKATIF BERBASIS BUDAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 35 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh pendekatan komuikatif berbasis budaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pendekatan komunikatif berbasis budaya terhadap kemampuan berbicara pada muatan pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas V di SDN 35 Ampenan”. Skripsi. Mataram : Universitas Muhammadiyah Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakann adalah Quasi Experiment Design Tipe Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 35 Ampenan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 35 Ampenan yang berjumlah 44 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampling jenuh dimana anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 44 siswa, dengan jumlah sampel kelas eksperimen 24 siswa dan sampel kelas kontrol 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasrkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 61,16 setelah diberikan perlakuan menggunakan pendekatan komunikatif rata-rata post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan menjadi 82,25. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 55,85 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol mengalami peningkatan menjadi 68,45. maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya pendekatan komunikatif berbasis budaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V atau dapat dikatakan pendekatan komuikatif berbasis budaya berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURMIWATI, NURMIWATInidn0817098601
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Pendekatan komunikatif, kemampuan berbicara siswa, bahasa indoensia.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Hilmi Dermawan
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:38
Last Modified: 20 Feb 2025 06:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item View Item