YANA, MARYANA (2025) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
E-Government merupakan salah satu layanan publik teknologi informasi yang disediakan oleh pemerintah guna meningkatkan kinerja, efisiensi, akuntabillitas, dan kepercayaan publik. Peran Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Mataram terdeskripsi secara jelas mendukung mewujudkan reformasi birokrasi pemerintah berbasis elektronik untuk peningkatan pelayanan kepada publik/masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk peningkatan kualitas pelayanan publik melalui implementasi E-Goverment di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan. Tipe penelitian ini dianggap sangat efektif untuk dipakai karena menggambarkan keadaan objek yang ada pada masa sekarang berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian. Penelitian ini akan dilakukan di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika kota Mataram untuk memperoleh data atau informasi yang akurat dan relavan dengan permasalahan penelitian yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kualitas pelayanan publik melalui implementasi E-Government yaitu Peningkatan di berbagai area seperti tata kelola, teknologi, dan layanan publik berbasis elektronik menunjukkan bahwa Diskominfo Kota Mataram sedang berupaya keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendukung transformasi digital di pemerintahan. Penurunan pada beberapa nilai di tahun 2023 dapat menjadi titik evaluasi untuk melakukan perbaikan lebih lanjut dan memastikan implementasi SPBE berjalan lebih optimal di masa depan. Adapun tiga Elemen yang mempengaruhi Sukses implementasi e-government yaitu support, capacity dan value, Implementasi e-government di Dinas komunikasi dan informatika kota mataram sudah berjalan dengan baik meskipun belum sepenuhnya maksimal, karena dari tiga bentuk implementasi electronic government menurut indirajit yaitu suport, capacity, value, dari tiga variabel sudah di terapan semua tetapi di bagian variabel capacity masih ada beberapa kekurangan seperti anggaran yang masih kurang di tiap tahunnya.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | kualitas, pelayanan publik, implementasi e-government | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Yana Maryana | |||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2025 03:18 | |||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2025 03:18 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |