PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM YANG HARMONIS KELAS V DI SDN 26 DOMPU

FATUN, ISLAMIAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM YANG HARMONIS KELAS V DI SDN 26 DOMPU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILIARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem yang harmonis kelas V DI SDN 26. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain pre-test pos-test kontrol group design menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 26 DOMPU yang berjumlah 28 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen sebanyak 18 siswa dan kelas V B sebagai kelas kontrol sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal dan soal essay yaitu sebanyak 5 soal. Metode analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Paired Sample T-Test atau uji t pada program IMB SPSS versi 30 for windows. Hasil Penelitian Uji Paired Sample T-test Menunjukkan Angka yg signifikan antara nilai pre-test dengan post-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,001 < 0,05, maka Hipotesis Nol (H0) pada penelitian ini ditolak dan Hipotesis Altenatif (Ha) diterima, dimana terdapat perbedaan yang signifikasi antara kedua test. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan penggunaan Model Pembelajaran Discovery learning berbantuan lingkungan sekitar memiliki Pengaruh terhadap Kemampuan literasi sains Siswa kelas V SDN 26 Dompu.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIFATURRAHMAH, HAIFATURRAHMAHnidn0804048501
Thesis advisorLINDA, SEKAR UTAMInidn0817088304
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Lingkungan Sekitar, Literasi Sains
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Fatun Islamiah
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:54
Last Modified: 14 Feb 2025 06:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10705

Actions (login required)

View Item View Item