PENGARUH TEKNIK READING ALOUD MENGGUNAKAN STORYBOOK PADA KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SDN 3 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

DEA, ANANDA MANTIKA (2025) PENGARUH TEKNIK READING ALOUD MENGGUNAKAN STORYBOOK PADA KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SDN 3 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan menyimak sangat penting dalam proses pembelajaran, guru harus bisa memilih teknik atau metode agar siswa memusatkan perhatiannya kepada guru yang menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penerapan Teknik Reading Aloud Menggunakan Storybook pada Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV SDN 3 Ampenan. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen kuasi, sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa terdiri dari kelas IV-A 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV-B 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar soal dan lembar dokumentasi. Metode analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test atau uji t pada program IBM SPSS versi 30 for windows. Hasil penelitian Uji Paired Sample T-Test menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-testi dengan post-test dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sidded p) = 0,001<0,05, maka Hipotesis Nol (H0) pada penelitian ini di tolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, di mana terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua test. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan penggunaan Teknik Reading Aloud Menggunakan Storybook memiliki pengaruh pada kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN 3 Ampenan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURMIWATI, NURMIWATInidn0817098601
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Reading Aloud, Kemampuan Menyimak Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dea Ananda Mantika
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:12
Last Modified: 11 Feb 2025 03:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10661

Actions (login required)

View Item View Item