IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP INTERNALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SDN 4 BAJUR MATARAM (STUDI KASUS)

KURNIA, FEBRIANI (2025) IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP INTERNALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SDN 4 BAJUR MATARAM (STUDI KASUS). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode outdoor learning efektif dan outdoor learning yang mana yang tepat digunakan terhadap internalisasi karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis kualitatif studi kasus. Studi kasus penelitian ini merupakan pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, dan triangulasi. Baik kelas tinggi maupun kelas rendah, perlu menerapkan metode outdoor learning guna menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan. Hasil dari penelitian ini adalah metode outdoor learning dapat membentuk karakter peduli lingkungan terinternalisasi dalam diri siswa, ditunjukkan dengan inisiatif siswa untuk menjaga kebersihan sekolah dan merawat tanaman tanpa pengawasan guru.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Thesis advisorLINDA, SEKAR UTAMInidn0817088304
Uncontrolled Keywords: Metode Outdoor Learning, Peduli Lingkungan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Kurnia Febriani
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:25
Last Modified: 11 Feb 2025 03:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10657

Actions (login required)

View Item View Item