UPAYA MENGURANGI TINDAKAN BULLYING SESAMA SISWA DENGAN MENANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI MEDIA BELAJAR AUDIO VISUAL DI MTS ULIL ABSOR PANTI DESA JAGO KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

NURHASANAH, NURHASANAH (2020) UPAYA MENGURANGI TINDAKAN BULLYING SESAMA SISWA DENGAN MENANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI MEDIA BELAJAR AUDIO VISUAL DI MTS ULIL ABSOR PANTI DESA JAGO KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
Cover-Bab III_Nurhasanah_11513A0001_PPKn.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV_Nurhasanah_11513A0001_PPKn.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V-Lampiran_Nurhasanah_11513A0001_PPKn.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nurhasanah.11513A0001.“ Upaya mengurangi tindakan Bullying sesama siswa denagan menanamkan nilai-nilai Pancasila melalu Media belajar audio Visual di Mts Ulil Absor panti Skripsi. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram. Pembimbing I : H. Zaini Bidaya,SH,MH Pembimbing II : AliahardiWinata, S.Pd.,M.Pd ABSTRAK Pendidikan sebagai suatu hal yang sangat penting bagi peradaban manusia diharapkan dapat menciptakan insan yang cerdas dan memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter adalah istilah dalam usaha membentuk pribadi siswa yang baik serta menanamkan nilai-nilai pancasila untuk pribadi yang baik dalam kehidupan. Untuk mempermudah pendidikan di perlukannya media pembelajaran.Dengan media pembelajaran lebih mempermudah menanamkan nilai-nilai pancasila dan dengan penanaman nilai-nilai pancasila mampu membuat sesorang menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan mampu mengurangi tindakan kekerasan di lingkungan sekolah ataupun lingkungan masyarakat Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tindakan Bullying yang terjadi,bentuk dan cara menanamkan Nilai-nilai pancasila,dan yang menjadi hambatan-hambatan dalam penggunaan Media belajar Audio Visual dalam penanaman nilai-nilai pancasila di MTs Ulil Absor.Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui tindakan Bullying yang terjadi, bentuk dan cara Penanaman Nilai-nilai Pancasila dan Untuk mengetahui hambata-hambatan di dalam penggunaan Media belajar Audio Visual dalam penanaman nilai-nilai pancasila di MTs Ulil Absor Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendeketan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Ulil-Absor panti.Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis secara interaktif dan di lakukan melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Hasil dari penelitian ini adalah upaya mengurangi tindakan Bullying sesama siswa denagan menanamkan nilai-nilai Pancasila melalu Media belajar audio Visual di Mts Ulil Absor panti.yakni Tindakan bullying masih di lakukan tapi masih tergolong dalam tindakan bullying ringan,Nilai-nilai pendidikan pancasila yang ditanamkan pada siswa melalui media belajar audio visual di lakukan pada saat penerimaan materi pembelajaran di antaranya nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan,dan keadilan dan yang menjadi hambatanya adalah sarana dan prasarana yang kaurang mendukung. Saran dalam penelitian ini bagi guru agar lebih memberikan pemahaman kepada siswa kaitan dengan penanaman nilai-nilai pancasila dan meningkatkan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran agar terwujudnya siswa yang lebih baik. Kata Kunci :Bullying,Menanamkan nilai-nilai pancasila, Media belajar Audio Visual

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerH. ZAINI, BIDAYA0814065701
ReviewerALIAHARDI, WINATA0814098601
Uncontrolled Keywords: Bullying,Menanamkan nilai-nilai pancasila, Media belajar Audio Visual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 29 Aug 2020 04:46
Last Modified: 29 Aug 2020 04:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item