PERAN GURU PPKn DALAM MENGATASI KASUS BULLYING DI MTs. NURUL JANNAH NW AMPENAN

MURTINI, MURTINI (2024) PERAN GURU PPKn DALAM MENGATASI KASUS BULLYING DI MTs. NURUL JANNAH NW AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover, abstrak, bab 1 dan bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SATU FILE SKRIPSI COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
FILE SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB) | Request a copy

Abstract

Bullying dapat memberikan pengaruh buruk terhadap prestasi akademik disekolah, kesehatan fisik dan mental korban. Lingkungan sekolah menjadi tempat terjadinya bullying, salah satunya disebabkan faktor kurangnya perhatian oleh orang tua siswa di rumah sehingga siswa mencari perhatian di sekolah dengan menunjukkan kekuasaannya kepada teman yang lebih lemah. Analisis peran guru PPKn dalam penanganan kasus bullying di MTs Nurul Jannah NW Ampenan menjadi tujuan penelitian ini. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah masalah bullying terjadi di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jannah NW Ampenan? dan Bagaimana strategi yang dapat diterapkan oleh guru PPKn untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya bullying di MTs Nurul Jannah NW Ampenan? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, adapun metode analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Desplay), dan Penarikan kesimpulan (Drawing/Verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying yang terjadi di MTs Nurul Jannah NW Ampenan dalam tiga kategori utama yaitu bullying verbal, bullying fisik, dan bullying nonverbal. Lingkungan sekolah, kurangnya pengawasan saat jam istirahat, pengaruh sosial, dan faktor keluarga menjadi beberapa penyebab terjadinya bullying. Strategi guru PKn dalam menangani kasus bullying mencakup: a) Pembinaan Rutin, b) Kolaborasi dengan Guru BK, c) Pendidikan dan Pemahaman Nilai-Nilai Positif, d) Sosialisasi dan Partisipasi Aktif, e) Pendekatan Holistik, f) Dengan Pengawasan dan Intervensi Langsung.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorDEVIANA, MAYASARInidn0820068702
Uncontrolled Keywords: Bullying, Guru PPKn, Lingkungan Sekolah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Murtini Murtini
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:20
Last Modified: 09 Oct 2024 02:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10240

Actions (login required)

View Item View Item